Grafik Komputer merupakan cabang dari ilmu computer yang berkonsentrasi kepada pengolahan gambar atau manipulasi gambar secara digital. Grafik computer berawal dari bentuk yang sederhana yaitu 2D. Saat ini teknologi semakin maju, bentuk sederhana dari grafik computer, yaitu 2D berubah menjadi 3D. Ilmu grafik computer ini sangat berguna untuk memvisualisasikan benda-benda yang nyata menjadi benda grafis. Bahasa yang lebih mudahnya yaitu menggambarkan benda nyata dalam bentuk tiruan grafis, seolah-olah gambar itu ada dan nyata.
Untuk membuat suatu grafik computer yang baik, diperlukan keahlian-keahlian khusus meliputi ilmu geometri ( menggambar permukaan bidang), animasi (menggambar dan memanipulasi suatu gerak), rendering (algoritma untuk menampilkan afek), dan citra (pengambilan atau penyunting gambar). Suatu contoh, untuk membuat sebuah karakter tokoh manusia, seorang grafik computer memerlukan desain manusia secara virtual, bagaimana bentuk badannya, anggota tubuhnya, wajah serta hal-hal yang detail, sehingga gambar tersebut mendekati seperti aslinya. Setelah itu menentukan animasi gerak, seperti raut muka dan mimik muka.
Salah satu cabang ilmu dari grafik computer adalah pengolahan citra. Yaitu mengolah dan memanipulasi suatu citra. Pengolahan citra merupakan tahap berikutnya dalam pembuatan suatu grafik computer. Keduanya saling keterkaitan, karena suatu grafik computer diinterpretasikan oleh manusia apabila suatu informasi yang dibuat sampai ke manusia tersebut dan pengolahan citra sebagai pelengkap atau penyempurna suatu grafik computer. Pengolahan citra secara digital merupakan perbaikan suatu citra menggunakan computer sehingga suatu citra (image) dapat dipahami oleh manusia yang melihat.
Dalam proses pengolahan citra diperlukan suatu pengenalan pola, bertujuan untuk mengenali objek-objek yang terdapat suatu citra dapat mengambil informasi yang terdapat di citra tersebut. Pengolahan citra dan pengenalan pola merupakan suatu keterkaitan, agar suatu citra dapat dimengerti dan dikenali. Data-data yang diproses dalam pengolahan citra dapat diambil menggunakan camera dan handycam dan tidak selalu dalam bentuk data digital. Peningkatan citra sangatlah dibutuhkan, untuk meningkatkan kualitas suatu citra itu sendiri. Dan pengolahan citra selanjutnya adalah segmentasi citra, yaitu memisahkan atau memilih objek-objek dari keseluruhan citra. Dengan mengecikalkan pixel dari suatu citra serta meminamalkan informasi suatu citra agar tidak terlalu berlebihan dan memperhatikan pinggiran suatu citra dengan mengatur ketebalan sehingga mendapatkan hasil yang baik.
Dari bahasan diatas, sudah cukup jelas bagaimana suatu pengolahan citra sangat dibutuhkan sekali dalam grafik computer, agar mendapat hasil yang baik. Suatu contoh pada salah satu permainan berteknologi (Game Technology) terlaris yang diluncurkan oleh Electronic Arts (EA) yaitu THE SIMS 3. The sim 3 ini merupakan implementasi dari suatu grafik computer yang berhasil memuaskan para penggila game dan merupakan salah satu pencetak angka penjualan terbesar di Eropa.
Karakter atau ragam bentuk tokoh (Sims) yang berada pada permainan The Sims ini merupakan suatu contoh virtualisasi bentuk manusia yang sangat sempurna. Pembuatan karakter manusia ini, menggunakan aplikasi grafik computer yang sangatlah baik. Sims (sebutan karakter pada permainan ini) tidak hanya bisa memberikan mimik muka atau raut muka yang bermacam-macam, tetapi bisa melakukan gerakan (animasi) yang beragam seperti melakukan kegiatan manusia sehari-hari secara nyata. Pada permainan ini dapat terlihat jelas detail-detail yang dapat tersampaikan langsung maksud dan arti dari gambar visual ini. Ini merupakan perpaduan grafik computer dan peengolahan citra yang sangat luar biasa.
Selain bentuk grafik yang sangat baik di permainan ini, dari segi system suara juga sangat luar biasa. Setiap kegiatan yang menimbulkan suara pasti dapat didengar jelas oleh pemainnya. Dan dalam permainan the sims 3 ini, terdapat tool Create a World dimana pemain dapam membuat kota-kota yang mereka inginkan. Didalam tool ini juga banyak template yang beragam seperti lembah-lembah, pemandangan sungai, serta para pemain dapat menambahkan kreasi mereka sendiri.
The Sims 3 merupakan salah satu contoh dari banyak permainan yang menggunakan Grafik computer dan pengolahan citra yang sangat baik, dan masih banyak lagi permainan-permainan yang lainnya.
Semoga bermanfat.
Referensi :
http://tips-tipskomputer.blogspot.com/2010/03/grafik-komputer.html
http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?